Sunday, February 9, 2020

4 Kiat Merawat AC Agar Tetap Dingin


Air Conditioner atau biasa juga disebut AC merupakan barang yang sangat dibutuhkan terlebih jika Anda tinggal di kawasan dengan udara yang cukup panas. Karena sering digunakan setiap hari, AC cenderung menjadi kotor bisa rusak, terlebih jika Anda tidak merawatnya dengan benar. Untuk permasalahan AC yang kotor, Anda bisa menggunakan jasa cuci AC yang saat ini banyak tersedia. 

Namun selain itu Anda juga perlu merawat dan menggunakan AC dengan cara yang benar agar AC yang Anda miliki bisa awet dan tetap dingin. Berikut kiat-kiat yang bisa Anda praktekkan untuk merawat AC yang ada di rumah atau ruangan Anda.  


1. Ketahui ukuran PK AC saat membeli

Ketika Anda memutuskan untuk membeli AC, Anda perlu memperhatikan PK AC tersebut. PK adalah sebutan untuk Paard Kracht atau daya kuda yaitu hitungan AC untuk luas ruangan yang mampu didinginkan AC tersebut. 

Hal ini perlu Anda ketahui karena jika PK AC yang Anda beli terlalu besar untuk ruangan Anda, maka ruangan tersebut akan terlalu dingin, begitupun sebaliknya. Hal ini membuat kegunaan AC menjadi tidak efektif. Maka, Anda perlu mencari PK AC yang tepat untuk luas ruangan Anda.


2. Gunakan fitur timer

Sebaiknya AC tidak digunakan terus-menerus sepanjang hari dan maksimal hanya Anda gunakan selama lima jam saja agar mesin AC bisa beristirahat. Agar Anda tidak lupa untuk mematikan AC, Anda bisa menggunakan fitur timer sehingga AC akan otomatis mati setelah waktu yang Anda atur selesai. Jangan lupa juga untuk mematikan AC ketika Anda keluar ruangan. Selain merawat AC, hal ini juga bisa menghemat pengeluaran listrik Anda.


3. Bersihkan AC secara rutin

Agar udara tidak terlalu keruh, Anda harus membersihkan AC secara rutin. Idealnya Anda perlu membersihkan AC setiap satu bulan sekali jika udara dalam AC tidak terlalu keruh. Jika udara sudah sangat keruh, Anda bisa membersihkannya setiap dua minggu sekali. Untuk melakukan hal ini Anda bisa menggunakan jasa cuci AC yang banyak tersedia saat ini.


4. Atur suhu diatas 22 derajat

Mengatur AC pada suhu 22 derajat akan berpotensi membuat mesin AC Anda lebih cepat panas. Hal ini tentu akan membuat AC Anda lebih cepat rusak. Lebih baik Anda mengatur AC minimal di suhu 22 derajat. Selain menjaga AC agar tetap awet, suhu 22 derajat juga menjadi suhu yang paling tepat untuk Anda yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk menjaga AC di rumah atau ruangan Anda agar tetap awet dan dingin. Selain itu, Anda juga perlu mengecek dan membersihkan freon dan blower AC secara rutin dengan memakai jasa cuci AC yang saat ini banyak tersedia. 

0 comments:

Post a Comment