Monday, March 9, 2020

6 Kebiasaan yang Membuat Kulkas Cepat Rusak


Jasa servis kulkas tentu sangat dibutuhkan ketika terjadi masalah pada kulkas Anda di rumah. Kulkas bisa mudah rusak apabila tidak dirawat dengan baik. Ada beberapa kebiasaan buruk yang tetap dilakukan dan membuat kulkas mudah rusak. Berikut adalah 6 kebiasaan pemakaian kulkas yang harus dihindari.


1. Tidak Dibersihkan

Kebiasaan membiarkan kulkas dalam keadaan kotor harus segera dihentikan. Anda harus membersihkan kulkas Anda secara rutin. Kondisi kulkas yang tidak pernah dibersihkan bisa menurunkan performa kulkas. Buang semua bahan makanan yang sudah tidak layak dan bersihkan semua rak kulkas secara berkala.


2. Menyimpan Makanan Panas

Jangan terbiasa memasukkan makanan panas ke kulkas. Memasukkan makanan panas ke kulkas akan membuat kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan suhu makanan tersebut. Sebaiknya, dinginkan makanan terlebih dahulu di suhu ruang baru kemudian simpan ke dalam kulkas.


3. Menyimpan Makanan dalam Plastik

Menyimpan makanan ke dalam plastik lalu memasukkannya ke kulkas juga tidak disarankan. Kebiasaan seperti ini harus segera dihentikan karena bisa membuat kulkas bekerja lebih keras. Lebih baik, buka kemasan plastik terlebih dahulu sebelum disimpan ke dalam kulkas.


4. Menyimpan Banyak Makanan

Salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan oleh hampir semua orang yaitu menyimpan terlalu banyak makanan di dalam kulkas. Jika Anda ingin kulkas bisa awet digunakan untuk jangka waktu yang lama, maka aturlah isi kulkas Anda. Jangan menumpuk bahan makanan di dalam kulkas.

Kelebihan kapasitas bisa menyebabkan kulkas harus bekerja keras untuk mendinginkan ruang di dalamnya. Sebaiknya, segera kurangi isi kulkas Anda sekarang juga. Keluarkan bahan makanan yang sudah lama dan tidak layak dikonsumsi. 


5. Mencuci Makanan sebelum Disimpan

Mencuci makanan sebelum disimpan di kulkas ternyata adalah sebuah kesalahan. Anda tidak disarankan mencuci bahan makanan dengan menggunakan air sebelum makanan tersebut masuk kulkas. Air yang menempel pada bahan makanan tersebut akan membuat kelembapan meningkat. 

Kondisi lembap ini tidak baik untuk kulkas Anda. Simpanlah bahan makanan tanpa mencucinya dulu. Anda bisa mencuci bahan makanan saat nanti akan diolah atau dikonsumsi.


6. Lama Membuka Pintu Kulkas

Kebiasaan membuka pintu kulkas dan membiarkannya terbuka untuk waktu lama juga tidak dianjurkan. Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan kulkas menjadi mudah rusak. Saat pintu kulkas terbuka maka kulkas akan bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang dingin. 

Salah satu penyebab kita membiarkan pintu kulkas terbuka lama adalah karena mencari bahan makanan yang kita butuhkan. Supaya tidak terlalu lama membuka pintu, Anda perlu mengatur isi kulkas sesuai kategori bahan makanan. Jika isi kulkas ditata rapi maka Anda akan lebih cepat menemukan bahan makanan yang diinginkan.

Itulah tadi 6 kebiasaan yang bisa membuat kulkas menjadi cepat rusak. Hentikan semua kebiasaan buruk ini agar kulkas Anda bisa awet. Jika terjadi kerusakan pada kulkas, Anda bisa langsung menghubungi jasa servis kulkas dari Sejasa.

0 comments:

Post a Comment