Monday, December 21, 2020

Tips Jaga Kesehatan saat Banjir dengan Dokter SehatQ.com


Baru-baru ini ada banyak sekali daerah yang terkena banjir dan Jakarta salah satu kota dengan frekuensi banjir terbanyak. Anda harus menjaga kesehatan diri selama banjir agar tidak mudah terserang penyakit karena risikonya jauh lebih besar. Berikut tips lifestyle menjaga kesehatan saat banjir dengan dokter SehatQ.com yang bisa dilakukan secara mandiri. 

1. Kebersihan Peralatan Makan

Saat Anda terkena banjir, solusi yang akan diberikan sebelum mengalami masalah kesehatan dan datang ke dokter adalah menjaga kebersihan peralatan makan. Hal ini penting untuk menghindari kuman yang menyebar di air banjir terkontaminasi peralatan makan. 

Sebelum menggunakan peralatan makan ada baiknya untuk membilasnya dengan air panas. Letakkan di tempat yang bersih dan jauh dari air banjirnya. Jangan mencuci di dekat genangan air banjir juga menjadi cara agar kebersihannya terjaga. 

2. Air Direbus 

Banjir membuat Anda berisiko mengalami berbagai jenis penyakit. Jadi salah satu upaya untuk menjaga kesehatan adalah konsumsi air yang direbus. Jangan mengonsumsi air isi ulang yang tidak jelas asalnya, terutama saat sedang banjir karena tanah masih digenangi air. 

3. Mencuci Makanan

Ada banyak sekali dokter yang tersedia di aplikasi sehatq.com untuk Anda manfaatkan melakukan konsultasi terkait berbagai jenis penyakit. Jika mengalami kondisi kesehatan yang tidak baik selama banjir bisa mendatangi rumah sakit terdekat. 

Tips menjaga kesehatan berikutnya yang bisa diterapkan adalah mencuci makanan dengan air bersih. Jika dirasa masih belum bersih dan untuk lebih aman bisa mencucinya menggunakan air hangat agar tidak ada kuman yang tertinggal.

4. Pelindung Tubuh

Selama banjir jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung tubuh agar risiko terkena penyakit lebih kecil. Misalnya menggunakan alas kaki yaitu sepatu bot sehingga kaki tidak langsung bersentuhan dengan banjir. Bisa juga dengan menggunakan sarung tangan saat melintasi banjir jadi tidak ada kuman yang akan menempel di tangan dan kebersihannya jadi terjaga. 

5. Vitamin C

Anda bisa menghubungi dokter yang ada di aplikasi sehatq.com untuk mendapatkan saran vitamin C terbaik yang bisa dikonsumsi. Tips ini akan membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil sehingga tidak mudah mengalami sakit selama banjir. Cara yang alami bisa mendapatkan vitamin C dari buah-buahan dan sayuran. 

6. Menjaga Suhu Tubuh

Jangan abaikan dan menganggap sepele suhu tubuh yang sudah tidak normal atau terbilang lebih panas. Hal ini harus dihindari selama mengalami banjir karena bisa berisiko mengalami penyakit lainnya. Mengingat jika suhu tubuh meningkat sistem imun akan menjadi lebih rentan. 

SehatQ.com memang situs review yang akan sangat membantu Anda dalam menghadapi masalah kesehatan. Bisa melakukan chat dengan dokter untuk menanyakan masalah kesehatan secara gratis. Anda juga bisa langsung melakukan booking dokter yang tersedia sesuai kebutuhan. Tinggal memilih dokter mana yang diinginkan dan lokasinya paling dekat dari rumah. 

0 comments:

Post a Comment