Friday, March 19, 2021

7 Tips Memilih Printer Kantor yang Bagus dan Tahan Lama


Printer merupakan salah satu penunjang kehidupan perusahaan. Saat ini tersedia banyak sekali merek dan seri printer, dengan berbagai spesifikasi dan keunggulan, yang ditawarkan oleh produsen-produsen printer. Di saat yang sama, Anda mungkin menjadi bingung untuk memilih printer kantor terbaik.  Untuk itu, yuk simak beberapa tips mendapatkan printer yang terbaik untuk kantor Anda berikut:

1. Mulai sortir dari merek ternama

Ada harga, ada kualitas. Pepatah ini juga berlaku untuk produk-produk printer yang dikeluarkan oleh merek ternama. Pasalnya, merek ternama sudah punya standardisasi kualitas yang sesuai dengan klasemen pasar mereka. Selain itu, barang produksi dari merek ternama pun lebih mudah untuk dijual kembali. Jadi, mulailah mencari printer terbaik untuk kantor dari merek ternama. 

2. Membandingkan biaya pembelian dan perawatan

Biaya pembelian yang rendah tidak selamanya menguntungkan. Sebab, mungkin saja biaya perawatannya justru tinggi. Maka dari itu, sebelum membeli printer ada baiknya Anda membandingkan harga, kualitas, dan biaya perawatan yang dibutuhkan oleh tiap-tiap printer itu. Beberapa printer dengan harga yang cenderung mahal  biasanya memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan harga yang lebih murah. 

3. Sesuaikan dengan kebutuhan

Karena spesifikasi printer yang berbeda-beda, ada baiknya Anda memilih printer sesuai dengan kebutuhan kantor Anda. Misalkan perusahaan Anda bergerak dalam dunia legal yang membutuhkan dokumen-dokumen cetak, tentu memilih printer dengan kapasitas cetak per menit yang tinggi akan lebih baik. 

4. Lebih baik sedikit mahal jika ada budget

Jika memiliki budget berlebih, ada baiknya Anda memilih printer dengan harga yang cenderung mahal. Selain lebih tahan lama, spesifikasi dan fitur-fitur yang ditawarkan pun biasanya lebih tinggi. Contohnya adalah fitur kecepatan mencetak yang tinggi atau fitur multifungsi yang bermanfaat. 

5. Selain itu, hasil cetakan yang bagus 

Tidak ada salahnya memilih printer dengan harga lebih tinggi jika memiliki spesifikasi lebih. Sebab, beberapa jenis dan merek printer memiliki kemampuan untuk menghemat tinta. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan pengisian ulang tinta yang cenderung tidak murah atau mudah. Secara tidak langsung, membeli printer lebih mahal hanya membutuhkan sedikit biaya lebih di awal, namun berkali lipat lebih hemat di kemudian hari.

6. Melakukan pengecekan sebelum membeli

Terakhir, hal yang tidak kalah penting yaitu mengecek kondisi printer. Jika Anda sudah tahu jenis printer yang akan dibeli, usahakan untuk melakukan cek fisik printer. Caranya adalah dengan melakukan tes di tempat Anda membeli untuk mengetahui kalau printer tersebut dapat berfungsi secara optimal atau tidak. Sebab, tidak menutup kemungkinan printer yang baru dibeli memiliki gangguan teknis.

Itu dia tips-tips menemukan printer terbaik untuk kantor. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

0 comments:

Post a Comment