Sunday, March 7, 2021

Peran Sistem Telematic Fleet untuk Mengoptimalkan Pemakaian Kendaraan


Apa Anda pernah mendengar manajemen telematic fleet? Secara garis besar, telematic fleet merupakan sistem yang menyediakan informasi penting seputar kendaraan yang Anda kendarai dengan mengumpulkan data dari GPS, berbagai sensor, dan diagnosis mesin.

GPS, seperti yang diketahui, dipakai untuk melacak lokasi kendaraan, sensor akan memeriksa aktivitas pengemudi, sementara diagnosis mesin akan memberikan data real-time terkait konsumsi bahan bakar hingga kesalahan yang terjadi selama berkendara.

Adanya teknologi telematic fleet diharapkan dapat meningkatkan hal-hal berikut ini:

Menghemat konsumsi bahan bakar

Anda yang kesulitan mengatur penggunaan bahan bakar kendaraan akan terbantu dengan telematic fleet. Melalui sistem tersebut, Anda bisa memantau penggunaan bahan bakar sesuai laju kecepatan maupun saat kendaraan tak dipakai. Bahkan sistem ini dapat mencegah pencurian bahan bakar, sebab ada sensor khusus dan software yang membantu Anda menanganinya. Penggunaan telematic fleet yang tepat pun akan menghemat konsumsi bahan bakar sampai 30%.

Meningkatkan akurasi visibiltas kendaraan

Teknologi ini memiliki fitur tracking untuk mengetahui lokasi kendaraan secara real-time.  Memungkinkan manajemen untuk dapat mengawasi lokasi semua armada kendaraan miliknya. Hal ini bisa membantu manajemen menganalisa rute terbaik untuk armada menuju lokasi yang dituju sehingga lebih efisien.

Menjaga keselamatan selama perjalanan

Mempekerjakan supir atau pengemudi berpengalaman memang akan meningkatkan keamanan berkendara. Namun, adanya teknologi ini akan semakin mendukung hal tersebut. Melalui teknologi tersebut, manajemen perusahaan dapat menerima pesan peringatan apabila kendaraan dicuri, hilang, atau mengalami kecelakaan. Jadi, mereka dapat segera mengambil tindakan untuk menanganinya.

Membantu penjadwalan maintenance

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi maintenance kendaraan, termasuk jarak tempuh. Dulu, orang-orang masih memakai metode manual untuk menghitung jarak tempuh yang sudah dilewati kendaraan dan proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Kini, untuk mengimbangi kegiatan yang mengandalkan kecepatan, telematic fleet hadir untuk membantu Anda menyimpan data jarak tempuh saat merancang jadwal maintenance kendaraan tersebut.

Telematic fleet adalah bukti kuatnya pengaruh teknologi terhadap kendaraan. Memanfaatkan manajemen dari sistem tersebut akan menolong Anda mengembangkan layanan transportasi, khususnya kalau Anda berencana memakai fitur digital dari smartphone untuk mengoperasikan usaha tersebut.

0 comments:

Post a Comment