Friday, March 19, 2021

Prosedur Lengkap Proses Operasi Bypass Jantung pada Pasien Jantung Koroner


Salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah penyakit jantung koroner jika terjadi penyumbatan adalah dengan dilakukan operasi bypass jantung. Operasi bypass jantung sendiri merupakan tindakan operasi yang ditujukan untuk membuat jalur baru pada bagian pembuluh darah yang tersumbat ke otot jantung di bagian yang masih sehat misalnya pada bagian lengan, dada atau kaki.

Proses operasi bypass jantung tidaklah sederhana, ada banyak tahapan yang harus dilakukan oleh tim dokter baik pra operasi, saat operasi hingga pasca operasi. Diagnosis indikasi juga diperlukan untuk menentukan apakah pasien harus menjalani operasi bypass jantung atau tidak. 

Prosedur Sebelum Operasi Bypass Jantung Dilaksanakan

Proses operasi bypass jantung yang pertama adalah pada saat pra operasi. Sebelum dilakukan tindakan operasi biasanya tim dokter akan melakukan beberapa hal, diantaranya:

  • Menginformasikan pada pasien mengenai kegiatan apa saja yang tidak boleh dilakukan sebelum operasi.
  • Mengatur dan memberikan aturan pola makan, jenis makanan, dan juga obat-obatan yang wajib dikonsumsi pasien.
  • Pelaksanaan tes pra operasi, mulai dari rontgen dada, elektrokardiografi, kateterisasi jantung dan tes darah.

Proses Operasi Bypass Jantung Pasien

Setelah semua tahapan awal pra operasi sudah selesai dilaksanakan dan pasien memungkinkan untuk menerima tindakan, maka proses operasi pun dijalankan. Secara garis besar, berikut proses operasi bypass jantung pada pasien:

  1. Pasien akan dibius total atau anestesi umum.
  2. Tim dokter akan melakukan pemeriksaan tekanan darah, detak jantung, kadar oksigen, dan fungsi dari sistem pernapasan pasien. 
  3. Pemasangan alat bantu pernapasan melalui tenggorokan, ini dilakukan untuk memberikan asupan oksigen pada pasien selama proses operasi berlangsung. 
  4. Dokter akan mulai membuat sayatan pada bagian tengah rongga dada hingga jantung terlihat, lalu memberikan beberapa obat agar kerja jantung berhenti. 
  5. Untuk menggantikan kerja jantung, pembuluh darah akan disambungkan ke heart lung machine sehingga pasokan darah ke tubuh tetap terjaga. 
  6. Dokter akan melakukan pencangkokan pembuluh darah dari bagian tubuh lain pasien, misalnya dari arteri di sekitar rongga dada yang nantinya ditempelkan dari pembuluh darah aorta ke pembuluh darah arteri koroner yang sudah terhindar dari penyumbatan. 
  7. Saat pencangkokan pembuluh darah selesai akan segera dilakukan pengaktifan kembali denyut jantung. Dokter mungkin akan melakukan kejutan listrik.
  8. Penyatuan kembali rongga dada dengan kawat yang akan menyatu permanen di tubuh pasien. Dokter akan menutup sayatan dengan jahitan di bagian kulit. 
  9. Selang pernapasan akan tetap dipasang sampai pasien bisa bernafas mandiri.

Perlu diketahui, di atas ini merupakan operasi bypass metode konvensional. Ada juga metode modern dengan bantuan robot sehingga tidak membutuhkan penghentian kerja jantung dan juga pembelahan rongga dada.

Pasca Operasi Bypass Jantung

Setelah operasi selesai, pasien akan ditempatkan di ruang ICU. Selama itu pasien akan terus dipantau kondisi vitalnya, mulai dari suhu tubuh, tekanan darah, detak jantung dan pernapasan. 

Masa pemulihan masing-masing pasien akan sangat berbeda, yaitu antara 6 minggu hingga tiga bulan. 

Itulah beberapa prosedur proses operasi bypass jantung dari pra hingga pasca operasi, semoga dapat menambah wawasan dan kesadaran Anda tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung. 

Baca Juga : Peran Dokter Spesialis Jantung di Dunia Medis

0 comments:

Post a Comment