Thursday, March 18, 2021

Tips Aman Memilih Asuransi Jiwa Unit Link yang Terpercaya


Bisa mendapatkan manfaat asuransi dan investasi sekaligus hanya dengan memiliki satu polis atau produk saja? Rasanya hal tersebut terdengar terlalu indah untuk jadi nyata, tapi sebenarnya Anda bisa merasakannya, kok! Soalnya, ada asuransi jiwa unit link sebagai salah satu bentuk inovasi produk asuransi yang ada di Indonesia saat ini.

Lewat produk asuransi unit link, Anda bisa mengibaratkan seperti menyelam sambil minum air, atau sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Maksudnya, cukup dengan memiliki satu polis asuransi unit link, Anda bisa dapatkan manfaat proteksi dari asuransi plus manfaat investasi sekaligus. Dengan begitu, Anda mendapatkan perlindungan dari kejadian tak terduga di masa depan dan mendapat manfaat investasi untuk menambah aset.

Meski begitu, Anda justru jangan sampai tergesa-gesa langsung memilih asuransi unit link apapun yang pertama Anda lihat, lho! Sebab, apakah benar bahwa asuransi unit link memang merupakan solusi paling tepat untuk Anda?

Asuransi Unit Link Paling Tepat untuk Siapa?

Seperti dilansir dari Kontan.co.id, asuransi unit link adalah pilihan paling sesuai bagi Anda yang menyadari keunggulannya sebagai investasi jangka panjang. Hal ini dikarenakan karakteristik asuransi unit link itu sendiri yang merupakan jenis asuransi dengan masa perlindungan sangat panjang. Artinya, memiliki asuransi unit link idealnya bukan dilakukan untuk tujuan konsumtif. 

Lebih jelasnya lagi, memilih asuransi unit link berarti bukan ditujukan untuk mengambil dana investasi yang sudah terbentuk dalam asuransi tersebut. Pasalnya, hal tersebut membuat usia asuransi jadi pendek. Padahal, investasi pada unit link tidak dapat dipastikan lantaran penempatan investasinya ada di reksadana. Ditambah lagi, nilainya sangat dipengaruhi fluktuasi investasi di pasar.

Dan yang perlu dipertegas kembali adalah investasi dalam unit link punya satu tujuan utama. Yaitu untuk mempertahankan pertanggungan asuransi yang panjang, sesuai dengan yang disepakati dalam polis. Sekali lagi, investasi dalam unit link bukan untuk dikonsumsi.

Masa pertanggungan asuransi unit link yang panjang ini membuat produk asuransi tersebut paling cocok bagi mereka-mereka yang punya kebutuhan tertentu. Maksudnya adalah orang-orang yang dapat melihat asuransi unit link sebagai investasi jangka panjang, atau bukan untuk diambil dalam jangka pendek. Pasalnya, jika diambil dalam jangka pendek, yang ada malah kesalahpahaman yang sama, yang beranggapan bahwa asuransi unit link merugikan atau menjebak.

Tips Memilih Asuransi Jiwa Unit Link yang Tepat

Oleh karena itu, jika Anda tidak mau merasa “dijebak” atau “dirugikan” saat berinvestasi dalam asuransi unit link, ikuti tips-tips berikut dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK):

  1. Pilih jenis unit link yang sesuai berdasarkan profil pribadi Anda.
  2. Pilih unit link yang disediakan oleh perusahaan asuransi besar, punya riwayat sehat, dan terpercaya. Pelajari pula riwayatnya untuk mengetahui seberapa mudah perusahaan asuransi dalam membayarkan klaim nasabah.
  3. Pelajari ilustrasi produk unit link dengan seksama yang telah dibuat oleh agen secara teliti dan cermat. Tak perlu ragu untuk bertanya jika Anda merasa ada poin yang kurang jelas atau tidak dipahami.
  4. Pastikan agen asuransi unit link tersebut sudah berlisensi atau bersertifikat sebagai agen penjual unit link. Lisensi atau sertifikat tersebut diterbitkan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).
  5. Teliti apa saja komponen biaya yang diterapkan perusahaan asuransi penyedia produk unit link tersebut.

Tak perlu terus-menerus meragukan manfaat dari asuransi unit link. Lewat artikel di atas, semoga Anda semakin paham dan mantap untuk memiliki polis asuransi unit link, ya!

0 comments:

Post a Comment