Friday, June 11, 2021

Kisaran Harga Mixer di Pasaran Berdasarkan Kualitasnya


Bagi Anda yang memiliki hobi membuat kue atau sedang ingin mendalami ilmu pembuatan kue, memiliki perlengkapan tempur inti yang lengkap adalah suatu keharusan. Barang-barang yang berhubungan dengan dunia baking seperti oven, mixer, loyang aneka ukuran dan sebagainya wajib dipersiapkan terlebih dahulu. Dan, Anda bisa mencicil untuk membelinya satu per satu mulai dari sekarang.

Peralatan membuat kue dalam hal ini mixer, terdiri dari berbagai macam variasi merek dan harga. Sudah barang tentu makin mahal harganya, maka makin baik kualitasnya. Namun sebagai pemula, Anda tidak perlu memiliki mixer dengan harga yang terlalu mahal. Anda dapat memilih jenis dan harga mixer yang standar untuk mengasah kemampuan dasar Anda terlebih dahulu. Jika sudah ahli, maka boleh untuk upgrade ke jenis dan harga mixer yang lebih tinggi.

Kisaran harga mixer yang beredar di pasaran sangat bervariasi. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai harga mixer secara umum yang ada di pasaran Indonesia guna membantu Anda dalam menentukan pilihan sebelum membelinya.

Jenis Mixer

Mixer atau alat pengaduk adalah sebuah alat mekanis yang biasa digunakan untuk mencampur bahan adonan dalam pembuatan kue. Pencampuran bahan adonan ini dikenal dengan sebutan 'mix' dalam bahasa Inggris, dan alatnya dikenal dengan nama pencampur ('mixer'). Mixer berfungsi untuk mencampurkan bahan adonan sehingga menjadikan semua bahan yang digunakan menyatu dengan rata.

Di pasaran, harga mixer bergantung pada jenisnya. Saat ini diketahui terdapat dua jenis mixer untuk membuat kue, yakni hand mixer dan stand mixer, mengutip dari imperialsugar.com. Ada perbedaan mencolok dalam cara fungsi peralatan ini. Berikut adalah perbedaan, kelebihan, dan kekurangan dari memiliki dan menggunakan kedua jenis mixer ini.

Hand Mixer

Mixer jenis ini memiliki bentuk yang kecil dan ringan. Hand mixer mudah disimpan dan digunakan sehingga Anda dapat menggunakannya di atas kompor atau meja menggunakan mangkuk atau panci Anda sendiri. Jenis mixer ini lebih mudah dioperasikan daripada stand mixer dan jelas lebih murah serta lebih mudah dibersihkan. Sisi negatifnya, Anda tidak bisa meninggalkannya saat sedang mengaduk dan terkadang butuh waktu lebih lama untuk mencampurkan bahan-bahan.

Stand Mixer

Mixer jenis ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh hand mixeer. Saat menggunakan stand mixer, ia dapat membantu mempercepat dan menghemat tenaga saat Anda membuat kue. Stand mixer juga memiliki tenaga yang lebih besar dan dapat dengan mudah mengaduk adonan dalam jumlah yang banyak.  Ini adalah jenis mixer handsfree, sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan banyak hal lain saat mixer ditinggal untuk melakukan tugasnya.

Stand mixer juga memiliki banyak perlengkapan seperti dayung untuk membuat krim dan pengocok untuk mengocok putih telur. Namun, tentu saja harga stand mixer lebih mahal daripada hand mixer karena nilai kepraktisan dan kecepatannya. Stand mixer juga membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih luas serta bobotnya sangat berat.

Cara Menggunakan Mixer Bagi Pemula

Mengutip dari electrolux.co.id, terdapat beberapa cara atau langkah-langkah bagi Anda yang masih pemula dalam hal penggunaan mixer. Untuk mencegah kesalahan pakai dan kerusakan barang, berikut ini adalah cara-cara dasar untuk menggunakan mixer dalam membuat kue;

1. Mulai dari kecepatan terendah

Untuk membiasakan tangan Anda terhadap mixer, pakailah mixer mulai dari kecepatannya yang paling rendah. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengaduk adonan secara rata dan menyeluruh. Tingkatkan kecepatannya secara perlahan saat tangan Anda sudah mulai terbiasa memegang dan mengontrolnya.

Jangan terburu-buru dalam memakai mixer pada percobaan pertama, apalagi jika langsung menyetelnya dengan kecepatan sedang atau tinggi. Hal ini tidak hanya akan membuat Anda bingung, tetapi juga menghancurkan bahan-bahan adonan. Selain itu, ada risiko adonan yang terdapat di dalam mangkuk berceceran dan mengotori dapur Anda.

2. Redam bunyi menggunakan handuk

Sebagian besar jenis mixer yang dijual di pasaran dipastikan mengeluarkan bunyi yang cukup keras saat digunakan. Bunyi-bunyian ini terkadang dapat membuyarkan konsentrasi Anda selama membuat kue.

Untuk itu, salah satu trik agar suara berisik mixer teredam adalah dengan meletakkan selembar handuk atau kain tebal yang terlipat pada bagian bawahnya. Meletakkan handuk atau kain juga bisa mengurangi kemungkinan adonan kue bercipratan ke luar dan mengotori meja atau lantai.

3. Bedakan cara mengocok dan mengaduk

Mixer memiliki fungsi untuk mengocok, dan ini adalah fungsi utamanya. Maka perlu diingat bahwa mixer bukanlah alat yang cocok digunakan untuk mengaduk. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari terlebih dulu teknik mengocok yang sesuai untuk mendapatkan tekstur adonan yang diinginkan.

Karena, pemakaian mixer pada akhirnya memiliki tujuan untuk mengembangkan adonan secara maksimal. Hal ini tentu berbeda dari mengaduk yang prosesnya adalah mencampurkan bahan-bahan kue. Karena mengocok adalah tahap untuk mengembangkan adonan yang tercampur.

4. Jangan cuci mixer memakai air

Sebagian besar dari Anda pasti masih membersihkan tungkai pengaduk pada mixer dengan air tanpa memperhatikan komponen lain. Padahal, bagian dalam mixer rentan rusak saat terkena adonan. Untuk itu, jangan mencucinya di bawah air mengalir. Langkah yang tepat untuk membersihkan mixer adalah dengan memakai lap basah. Dengan cara ini, tungkai dan bagian dalam mixer tidak akan terkena air dalam jumlah yang terlalu banyak. Lalu, keringkan menggunakan lap kering sampai tidak ada lagi kotoran yang tersisa.

Kisaran Harga Mixer di Pasaran

Harga mixeer dengan kualitas super seperti Signorala Rose Larose Standing Mixer dibanderol dengan harga mencapai Rp5.000.000. Jenis mixer ini dilengkapi dengan whisk, beater dan hook, mangkok stainless 5.5L, Speed 1-8, Power 800 - 1000 W dan maksimal adonan basah yang bisa ditampung mencapai 2kg (roti) dan 35 kuning telur. Harga mixer dalam rangkaian merek ini sebagian besar memang memiliki harga 1 hingga 10juta rupiah. Untuk itu, jenis mixer ini lebih cocok bagi Anda yang memiliki usaha profesional di bidang pembuatan kue.

Untuk jenis usaha pembuatan kue rumahan, terdapat cukup banyak pilihan jenis dan harga mixer yang lebih terjangkau. Yang paling familiar adalah mixer merek Philips atau Oxone, dibanderol dengan harga 3 jutaan hingga 400 ribu rupiah.

Sementara itu, untuk penggunaan pemula atau rumah tangga yang tidak setiap waktu membuat kue, mixer dengan merek Miyako atau Cosmos biasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan ini. Harga mixer dari merek ini berada di kisaran 150 hingga 400 ribu rupiah saja.

0 comments:

Post a Comment