Wednesday, July 14, 2021

Adakah Manfaat Minum Vitamin C 1000 Mg Setiap Hari?


Manfaat vitamin C yang begitu beragam menjadikannya penting untuk tubuh. Karena itu, saat ini banyak sekali suplemen atau minuman yang mengandung vitamin C 1000 mg. Namun, apakah ada manfaat dari konsumsi vitamin C 1000 mg setiap hari?

Berapa kebutuhan vitamin C anak dan orang dewasa dalam sehari?

Perlu diketahui bahwa Anda mesti memenuhi kebutuhan vitamin C per hari sesuai standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia dalam Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013.

Menurut Angka Kecukupan Gizi tersebut, anak di atas satu tahun membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 40 – 45 mg. Sedangkan remaja berusia di atas 12 tahun perlu memenuhi kebutuhan vitamin C setidaknya 65 – 90 mg per hari.

Untuk orang dewasa di atas 18 tahun, kebutuhan vitamin C hariannya yakni 75 – 90 mg.

Beda lagi dengan kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui yang jumlah vitaminnya perlu diperbanyak. Akan tetapi, konsultasikan dulu dengan dokter kandungan Anda seberapa banyak kebutuhan vitamin C tambahan yang diperlukan.

Adakah manfaat mengonsumsi vitamin C 1000 mg setiap hari?

Kebutuhan vitamin C harian berdasarkan AKG memang jauh dari dosis yang ditawarkan macam-macam produk suplemen vitamin. Pasalnya, sel-sel tubuh manusia tidak bisa menyerap kebanyakan vitamin C dalam sehari

Menurut penelitian dalam Journal of the American Medical Association (JAMA), tubuh Anda hanya mampu mencerna 200 mg vitamin C setiap harinya. Lebih dari itu, vitamin C tidak akan diserap alias tidak berguna untuk sel-sel tubuh Anda.

Sebuah penelitian lain dalam American Journal of Clinical Nutrition juga menghasilkan temuan yang serupa. Manusia hanya mampu mengolah 120 – 200 mg vitamin C setiap hari.

Sementara itu, standar minimal AKG yang disampaikan di atas sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C Anda setiap hari. Karena itu, sebenarnya manusia tidak butuh konsumsi vitamin C 1000 mg setiap hari karena kurang manfaat.

Jika pola makan harian Anda tak bisa memenuhi kebutuhan vitamin C, suplemen vitamin C dengan dosis lebih rendah seharusnya mencukupi. Namun, penting untuk berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin apa pun.

Vitamin C Lebih Baik dari Makanan atau Suplemen?

Ya, manusia mungkin saja kelebihan vitamin C. Penelitian dari Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board di Amerika Serikat menguak bahwa bagi orang dewasa, batas aman konsumsi vitamin C harian yaitu 2000 mg.

Sedangkan penelitian lain melaporkan bahwa batasnya yaitu 1000 mg. Untuk menghindari risiko-risiko di bawah ini, hindari mengonsumsi vitamin C lebih dari 1000 mg per hari. Bila tetap dilakukan, dampak di bawah ini berpotensi terjadi.

  • Gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, sakit perut, mual, muntah, dan kembung.
  • Refluks asam lambung (penyakit GERD). Gejalanya antara lain kerongkongan panas (heartburn), sulit menelan, dan mulut terasa asam atau pahit.
  • Sakit kepala.
  • Susah tidur atau insomnia.
  • Batu ginjal.
  • Gula darah naik. Ini karena Anda harus minum sebotol minuman vitamin C 1000 mg setiap hari. Minuman kemasan tersebut mengandung gula atau pemanis buatan yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak.

0 comments:

Post a Comment