Sunday, July 11, 2021

Mainan Anak-Anak Paling Viral, Baik Tidak untuk Anak?


Kadang, mainan anak-anak bisa memicu keributan di rumah lho, Ma. Apa ada nih Mama-Mama yang pernah merasakan kondisi seperti itu?

Seharian kemarin, rumah Mama mendadak ramai oleh tangisan si bungsu yang merengek karena sudah mulai bosan dengan mainan-mainan lamanya. Sebenarnya Mama tahu sih, kelakuan rewel itu bukan cuma karena bosan, tapi karena dia juga sudah tahu ada mainan yang baru-baru saja viral dan sedang sering dimainkan oleh anak-anak lain.

Pendapat Mama tersebut didasari oleh kehadiran adik sepupu yang mengunjungi rumah kami pada pagi harinya untuk mengantarkan masker medis pesanan Mama. Gia, si keponakan lucu Mama itu tengah memainkan salah satu mainan yang berwarna-warni dan bikin mata segar. 

Mama baru liat saat itu juga mainan seperti itu. Usut punya usut, ternyata sudah viral di Tiktok sekitar bulan Februari lalu, Ma. Sampai sekarang, juga masih viral, kok. 

Nah, dari pengalaman yang bikin kepala pusing seharian kemarin itu, Mama akan membagikan mainan yang dilihat oleh si bungsu sehingga dia merengek minta dibelikan juga. Selain itu, sekalian Mama kasih juga beberapa mainan baru yang populer belakangan ini. Sebelum jadi ikut penasaran, langsung saja disimak daftar singkatnya di bawah ini ya, Ma!

1. Pop It Fidget Toys

Daftar mainan paling viral beberapa waktu belakangan ini dimulai dengan mainan yang diinginkan oleh anak bungsu Mama. Mainan itu adalah Pot It Fidget Toys. Untuk Mama-Mama yang sering belanja barang yang rentan rusak jika terbentur permukaan yang keras, mainan ini tentunya cukup akrab buat Mama-Mama. Pop It Fidget Toys dimainkan dengan cara yang hampir sama saat kita meletuskan bubble wrap.

Dengan warna yang menarik dan keberagaman bentuknya, meletuskan gelembung mainan Pop It Fidget Toys menjadi hal yang mengasikkan buat anak-anak kita. 

Ternyata, enggak cuma menghibur lho, Ma. Mainan yang paling viral ini juga punya manfaat untuk menstabilkan emosi anak dan enggak ketinggalan juga Pop It Fidget Toys bisa mengembangkan kemampuan sensoriknya. Mainan satu ini juga bisa dicuci tanpa merusaknya Ma, jadi enggak perlu takut akan banyak bakteri dari tangan anak kita yang melekat di Pop It Fidget Toys.

2. Pistol Tembakan Lollipop

Mainan yang enggak kalah viral selanjutnya adalah pistol tembakan lollipop. Jika pistol pada umumnya mengeluarkan peluru atau suara tembakan, pistol mainan yang satu ini mengeluarkan permen lollipop. Menarik banget kan, Ma? Ternyata, pistol tembakan lollipop ini sudah viral sejak bulan April yang lalu karena diperkenalkan oleh seorang content creator di Tiktok.

Tapi, apa mainan seperti ini punya manfaat? Meskipun manfaat yang paling menonjol hanya menarik dan menghibur untuk anak-anak kita. Mama-Mama bisa kok memperluas manfaat mainan pistol tembak lollipop dengan menjadikannya permainan interaktif. Berkejaran dengan si kecil untuk memberikan lollipop pada satu sama lain tentu saja akan memperkuat bonding di antara ibu dan anak.

3. Mainan Burung Peniru Suara

Kalau mainan ketiga ini sebenarnya sudah viral cukup lama, Ma. Ia mulai dikenal oleh banyak anak sejak akhir tahun 2020. Kalau Mama sih tahu mainan ini di salah satu vlog harian keluarga Baim Wong. Karena saat itu, Kiano yang sedang dalam tahapan belajar mengenal kosakata memanfaatkan mainan burung peniru suara sehingga ia ikut melafalkan kata secara berulang.

Sampai sekarang, mainan satu ini masih banyak diburu, Ma. Bukan hanya menghibur lho, mainan burung peniru suara ini berperan besar dalam menstimulasi anak kita yang hendak belajar berbicara. Tiruan suara yang ada akan membuat anak mengingat lebih baik dan berlatih melafalkan kosakata.

Bagaimana, Ma? Sajian mainan yang viral di atas menarik, kan? Intinya, sesuatu yang viral memang sering membuat kita ingin juga memiliki barang serupa. Terlebih untuk mainan anak, anak-anak pastinya lebih mudah terpengaruh untuk memiliki banyak mainan serupa. Meskipun begitu, kita sebagai orang tua tetap harus tegas dan bijaksana ya, Ma.

Pilihlah mainan yang bukan cuma menghibur, melainkan juga sesuai dengan umur anak dan mampu memberikan dampak positif lainnya, seperti mengedukasi ataupun mengoptimalkan tumbuh kembang mereka.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. Semangat terus ya Ma dalam menjadi orang tua terbaik untuk anak-anak kita!

0 comments:

Post a Comment