Thursday, August 26, 2021

Apa Saja Sih Kelebihan Curcuma? Yuk Kenali Yuk


Curcuma merupakan nama lain dari temulawak dimana sejak dahulu temulawak itu sendiri sudah dikenal sebagai obat herbal tradisional dengan banyak sekali manfaatnya. Keguaan dari curcuma ini sendiri diantaranya adalah membantu mengeluaran toksin dalam tubuh. Kenapa bisa seperti it? Di dalam curcuma ini mengandung Phelandren yang dapat membantu detoksifikasi yang berperan sebagai anti inflamasi dan sangat mengandung antioksidan. 

Manfaat dari curcuma

Fungsi dari kurkuma ini sendiri mampu menjaga struktur dan fungsi dari sel tubuh yang mengalami kerusakan akibat dari radikal bebas. Dimana radiak bebas tersebut yang di sinyalir menjadi penyebab penyakit seperti diabetes, obesitas, jantung hingga kanker. Selain itu, apalagi manfaat dari curcuma untuk tubuh?

  • Menjaga kesehatan hati. Ekstrak curcuma xanthorrhiza terpercaya mampi melindungi hati dari berbagai macam racun atau bahan kimia yang menyebabkan efek buruk pada hati. Oleh karena itu temulawak ini menjadi salah satu bahan alami untuk membantu menjaga kesehatan hati.
  • Membantu mengatasi berbagai macam masalah pencernaan. Senyawa aktif dalam curcuma mampu merangsang produksi cairan empedu yang sangat membantu dalam metabolism makanan dalam tubuh. Selain itu cairan ini juga mampu mengatasi perut kembung, melancarkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.
  • Meredakan nyeri radang sendi. Temulawak ini sendiri mengandung senyawa anti inflamasi yang bisa menghambat produksi prostaglandin yang dapat memicu peradangan oleh karena itu kandungan anti radang ayang ada di dalamnya dapat membanti mengatasi peradangan seperti nyeri sendi. Kurkuma ini sendiri dapat dikatakan mempunyai efek yang hamper sama dengan obat ibuprofen yang berfungsi menghilangkan rasa sakit pada penderita radang sendi
  • Melawan infeksi akibat jamur dan bakteri. Curcuma ini sendiri mengandung berbagai senyawa anti mikroba yang cukup efektif dalam membasmi bakteri penyebab diare dan ampuh dalam menghilangkan jamur.
  • Membantu mengatasi masalah jerawat. Kandungan curcumin padanya terkenal mampu mengatasi jerawat. Selain anti infalamai dan anti bakteri, temulawak ini juga mempunyai sifat astringent yang bermanfaat untuk mengurangi minyak pada kelenjarnya. Selain itu kandungan antiseptic juga mampu membersihkan bakteri – bakteri penyebab jerawat pada wajah. 
  • Membantu mengeluarkan penumpukan cairan pada tubuh. Sifat alami dari temulawak ini yang sangat saying apabila dilewatkan adalah sebagai obat diuretic alami. Diuretic merupakan zat yang sangat membantu dalam membersihkan tubuh dari garam dan air berlebih. Diuretic ini akan merangsang ginjal untuk melepaskan natrium berlebih ke dalam urin sehingga membuat tubuh anda lebih sehat. 

Dimana anda dapat mendapatkan curcuma?

Melihat banyak sekali manfaat dari curcuma ini maka tentunya anda sangat terinspirasi untuk mendapatkannya. Tanaman rimpang tersebut terbukti mempunyai banyak sekali kandungan seperti minyak atsiri, serat, abu, pritein, zat besi, kalium, natrium, kalsium, magnesium serta mangan meski dalam jumlah yang tidak banyak. Nah anda dapat menemukan curcuma ini di blibli.com. disana anda dapat mebeli curcuma ini dengan bebas dan tentunya banyak discount menarik untuk anda. 

Akan tetapi dalam mengkonsusmi curcuma ini disarankan anda tidak terlalu berlebihan. Selalu pastikan anda mengkonsumsinya dengan resep dokter karena mengkonsumsi terlalu banyak akan memunculkan efek samping. Hal ini dikarenakan temulawak aman dikonsumsi dalam waktu singkat akan tetapi apabila dikonsumsi dalam waktu lama mampu menimbulkan masalah seperti mual dan iritasi pada perut. Seperti tanaman herbal dan bahan alami lainnya, terkait dengan dosis dan efek sampingnya masih banyak yang harus diteliti sehingga tidak menutup kemungkinan memberikan efek buruk bagi tubuh apabila dikonsumsi terlalu banyak.

0 comments:

Post a Comment