Wednesday, September 1, 2021

Cara Menghemat Pengeluaran Saat di Baby Shop


Biaya membeli semua kebutuhan bayi memang tidak bisa dibilang murah dan tentunya juga membutuhkan persiapan tabungan apabila memutuskan ingin memiliki anak. Ini tentu agar setiap orang tua bisa memberikan yang terbaik untuk si kecil. Saat pergi ke baby shop, orang tua tentu sering tergiur dengan banyak barang-barang bayi yang lucu sehingga rasanya ingin langsung membelinya. 

Tips Belanja Perlengkapan Bayi

Belanja perlengkapan bayi memang menyenangkan namun tentu orang tua sebaiknya tidak berbelanja melebihi budget karena ‘lapar mata’ karena masih banyak kebutuhan lain yang dibutuhkan untuk si kecil. Ada beberapa tips dalam berhemat yang terbukti efektif saat berbelanja perlengkapan bayi. 

1. Membuat daftar belanjaan

Jauh-jauh hari sebelum si kecil lahir, buatlah daftar barang-barang yang dibutuhkan bayi Anda. Pelajari lebih lanjut tentang pakaian, menyusui, perlengkapan mandi, perabotan bayi, dan banyak lagi. Hanya buat daftar belanjaan dengan list produk-produk yang penting dan wajib ada saja.

2. Menghitung jumlah yang dibutuhkan

Tentukan berapa kali seminggu Anda mencuci dan hitung jumlah pakaian yang Anda butuhkan. Misalnya, jika Anda ingin mencuci pakaian seminggu sekali, setidaknya memiliki baju 7 set kali 2. Mengapa kita kalikan dengan 2? Anak-anak sering harus berganti pakaian beberapa kali sehari karena susu yang tumpah, pipis, bab, dll.

Untuk membeli botol susu, tentukan seberapa sering Anda akan mensterilkannya setiap hari. Untuk bayi, jadwal pemberian makan adalah setiap 3-4 jam atau 6-8 kali sehari. Jika Anda rajin mensterilkan botol susu tentu tidak perlu terlalu banyak botol susu. Namun setidaknya tetap ada cadangan jika botol susu rusak atau kotor dan belum sempat disterilkan sehingga bisa menggunakan botol susu cadangan. 

3. Berburu barang diskon

Manfaatkan kesempatan untuk mendapatkan diskon. Persaingan  saat ini sangat ketat sehingga seringkali baby shop menawarkan promo produk mereka. Karena perlengkapan bayi bisa disiapkan jauh hari, tidak ada salahnya menunggu hingga ada diskon baru membeli produk perlengkapan yang dibutuhkan. 

4. Membeli pakaian bayi dengan ukuran 1 nomor lebih besar

Anak-anak tumbuh dengan sangat cepat. Pakaian yang dibeli dengan ukuran yang tepat terkadang hanya bertahan sebulan. Jadi jika Anda membeli 1 ukuran lebih besar, maka setidaknya bisa dikenakan lebih lama dan juga tidak terlalu sesak bagi si kecil saat digunakan. Setiap merek pakaian memiliki ukuran baju yang berbeda sehingga sebaiknya selalu lihat panduan ukurannya terlebih dahulu. 

5. Membeli diaper dengan cermat

Sebaiknya Anda juga membeli diaper dengan ukuran newborn dan juga nomor 1. Hal ini karena ada beberapa bayi yang lahir dengan ukuran besar dan seringkali tidak menggunakan diaper berukuran newborn untuk waktu yang terlalu lama. 

6. Membeli dalam jumlah atau kemasan besar

Beli dalam jumlah kemasan besar pasti lebih murah. Anda dapat membeli handuk, popok, sabun, sampo, tisu basah, kaus kaki, pakaian bayi, dan lainnya yang memang dibutuhkan dalam jangka waktu lama. Untuk yang hanya digunakan sebentar, tentu tidak perlu beli dalam kemasan besar. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika memang membutuhkan perlengkapan bayi yang berkualitas namun dengan harga yang sesuai budget, tipsnya yaitu dengan berbelanja melalui toko online. Junior Baby Shop di Blibli.com menjadi salah satu toko yang menjual perlengkapan bayi yang lengkap dengan harga yang terjangkau. Ada banyak promo menarik yang ditawarkan untuk Anda.

0 comments:

Post a Comment