Monday, September 6, 2021

Sikat Gigi Terbaik untuk Melindungi Gigi Anda


Sekarang ini kita bisa dengan mudah mendapatkan Sikat gigi. Saking mudahnya kita jumpai, variasinya pun sudah cukup banyak sekali dan dijual bebas dipasaran. Hal ini tentu membuat anda menjadi bingung untuk menentukan sikat gigi yang bagus untuk digunakan sehari-hari. Ada banyak sekali jenis mulai dari sikat dengan bulu yang halus dan lembut hingga model pegangan sikat yang bervariasi. Meskipun banyak variasinya, anda tetap wajib memilih model yang tepat dan terbaik untuk melindungi gigi dan mulut anda. Dengan kata lain, pemilihan sikat ini jangan dianggap hal yang sepele karena bisa mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut. 

Tips mudah memilih Sikat gigi terbaik yang baik dan benar

Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan dalam memiliki sikat untuk gigi anda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan baik pada bentuk dan kelembutan bulu sikatnya. Berkut ini beberapa tips ketika memilih sikat yang benar untuk gigi anda. 

Perhatikanlah tekstur bulu sikat gigi

Pada tahap ini, anda wajib memilih tekstur bulu pada sikat. Ada beberapa istilah terkait pada bulu sikat ini yaitu aahrd, medium, dan soft pada kemasan. Istilah tersebut tentu saja menggambarkan tekstur bulu pada sikat. Setiap jenis tentu saja memiliki keunikan fungsinya masing-masing.  Akan tetapi, jika kalian memilih sikat yang keras maka bisa saja menyebabkan gusi mengalami resesi sehingga akar gigi bisa terekspos. Hal ini akan mengakibatkan gigi menjadi sensitif. Oleh karena itu, memilih sikat dengan pilihan medium atau soft adalah jawabannya. Untuk sikat medium sangat cocok bagi kalian juga memiliki gusi dan gigi yang sehat. Adapun untuk jenis soft akan sangat berguna jika gusi kalian mudah berdarah atau sensitif. 

Pililah sikat dengan panjang tidak melebihi dua gigi depan

Tips lainnya untuk mendapatkan Sikat gigi adalah dengan mencari sikat gigi yang pas. Pada umumya, sikat gigi memiliki 3 baris bulu sikat dalam arah vertikal. Kemudian, panjang kepala sikat gigi sektar 2 hingga 2,5 cm dan ukuran tersebut hampir sama dengan panjang dua gigi depan. Anda bisaa menjadikan ukuran ini sebagai panduan saat memilih. Keunggulan kepala sikat gigi yang kecil adalah mampu menyikat gigi hingga geraham ataupun permukaan yang tidak rata. Ketika gigi geraham sulit dijangkau maka sikat ini akan sangat bermanfaat digunakan. Selain itu, bentuk kepala juga akan mempengaruhi keefektifan sikat karena kepala yang berbentuk persegi memiliki kumpulan bulu yang besar sehingga mampu membersihkan lebi h efektif. Adapun yang berbentuk oval akan lebih nyaman saat digerakan dirongga mulut. 

Perhatikan ujung dan bentuk bulu sikat

Hal lain yang wajib anda perhatikan adalah ujung dan bentuk bulu sikat gigi. Sikat sendiri memiliki beberapa variasi yang bertujuan untuk melindungi gigi. Ujung sikat berbentuk datar cocok untuk gigi normal sedangkan bergelombong untuk gigi yang tidak rata. Oleh karena itu, pilihlah ujung sikat sesuai dengan kondisi gigi anda. Jika gigi anda tidak rata atau ada celah lebar diantara gigi maka pilihlah sikat gigi dengan bentuk bergelombang. 

Pilih bulu sikat terbuat daari material nilon atau PTB

Adapun langkah terakhir untuk menjaga gigi anda adalah dengan memilih bulu sikat yang teruat dari material nilon. Hal ini penting karena nilon merupakan bahan serat sintesis yang kuat dan fleksibel. Tingkat kekerasan bulu sikat ini juga akan tergantung pada ketebalan dari jenis material yang hendak digunakan. Akan tetapi Sikat gigi ini tidak mudah kering saat digunakan sehingga jika anda menggunakan jenis ini cucilah dengan bersih dan keringkan degnan benar setelah digunakan. 

0 comments:

Post a Comment