Tuesday, September 7, 2021

Tips Memilih Oil Cleanser Sesuai Jenis Kulit


Double cleansing merupakan langkah cuci muka yang dimulai dengan cuci muka menggunakan oil-based cleanser atau oil cleanser dan dilanjutkan dengan cuci muka menggunakan facial wash pada umumnya. Keuntungan dari pembersih berbahan dasar minyak dibandingkan dengan pembersih lainnya adalah mudah digunakan.

Cleansing oil juga memiliki kekuatan pembersihan yang lebih tinggi dibandingkan pembersih berbahan dasar air. Karena bertekstur licin, mudah diratakan ke seluruh wajah hingga leher dan membersihkan secara sempurna dari makeup dan sisa kotoran yang sulit dibersihkan. 

Cara Memilih Cleansing Oil

Beberapa jenis cleansing oil memiliki bahan-bahan yang juga dapat membantu menutrisi kulit wajah. namun Anda harus tetap menyesuaikannya dengan tipe kulit Anda.

1. Memilih sesuai tipe kulit

Faktor pertama yang paling penting saat memilih produk cleansing oil yaitu menyesuaikannya dengan tipe kulit Anda apakah termasuk tipe kulit berminyak, kering, atau sensitif. Jangan sampai asal memilih dan ternyata tidak cocok dengan tipe kulit Anda. Kulit berminyak menghasilkan lebih banyak sebum daripada jenis kulit lainnya. Ini dapat dengan mudah menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat dan komedo.

Oleh karena itu, direkomendasikan cleansing oil non-comedogenic dengan tekstur yang lebih ringan. Untuk kulit berminyak, disarankan menggunakan grapeseed oil, tea tree oil, lavender oil, dan argan oil. Pemilik kulit berminyak harus menghindari olive oil dan coconut oil karena dapat menyumbat pori-pori. 

Tidak seperti kulit berminyak, kulit kering cenderung kehilangan kelembapannya. Akibatnya, kulit menjadi pecah-pecah dan kasar. Jika Anda memiliki kulit kering, carilah cleansing oil yang memiliki sifat melembabkan yang tinggi. 

Minyak seperti minyak jojoba, minyak kelapa dan minyak zaitun efektif dalam melembabkan kulit dan cleansing oil dengan sifat antioksidan dan anti-aging yang tinggi juga dapat digunakan untuk kulit kering. Kulit yang lembab dapat memperlambat proses penuaan. Oleh karena itu, kunci wajah yang sehat dan tampak awet muda adalah dengan menghidrasi kulit.

Orang dengan kulit sensitif harus berhati-hati saat memilih bahan aktif untuk produk perawatan kulit. Pertama, kulit Anda bisa sangat sensitif saat salah menggunakan produk. Untuk menggunakan cleansing oil, pilihlah produk yang tidak mengandung bahan yang mengiritasi seperti parfum dan alkohol murni.

Pilih oil cleanser yang terbuat grapeseed oil, camellia seed oil, sunflower seed, atau rosemary oil. Cleansing oil yang memiliki kandungan antioksidan dan anti inflamasi juga efektif untuk membersihkan kulit sensitif. Untuk perlindungan tambahan, Anda dapat memilih produk dengan kombinasi bahan yang sederhana. 

2. Perhatikan ingredients

Saat memilih produk perawatan kulit, perhatikan bahan-bahannya. Informasi ini akan membantu Anda memahami sumber daya mana yang aman atau cocok untuk kulit Anda dan mana yang harus dihindari. Setiap kemasan produk selalu memiliki ingredients yang lengkap atau Anda bisa langsung memeriksanya dari website resmi produk tersebut.

Selain sifat anti-inflamasinya, cleansing oil yang kaya ekstrak pegagan (Centella asiatica) memiliki efek menenangkan pada kulit. Pilih produk yang mengandung tokoferol (vitamin E) atau ekstrak daun teh untuk manfaat anti-aging dan antioksidan. Jika Anda menginginkan fungsi pelembab, kandungan asam hialuronat dan gliserol cocok untuk Anda.

Jangan sampai salah memilih oil cleanser yang ternyata memberikan efek negatif bagi kulit Anda. Gunakan yang memang sesuai dengan tipe kulit dan rasakan manfaatnya. Anda bisa memesan cleansing oil favorit Anda dengan mendapatkan harga yang ramah di kantong melalui Blibli.com.

0 comments:

Post a Comment