Tuesday, October 26, 2021

Tips Bagi Anda Setelah Melahirkan Secara Caesar


Bagi anda yang menjalani operasi Caesar ketika melahirkan biasanya akan merasakan nyeri yang berlangsung selama beberapa minggu dan akan berangsur – angsur membaik seiring dengan pemulihan. Melahirkan Caesar memang meminimkan anda dari rasa sakit ketika melahirkan akan tetapi anda akan merasakan resikonya pasca melahirkan secara Caesar. 

Untuk mendukung pemulihan anda pasca melahirkan Caesar, beriut kami berikan beberapa tips bagi anda yang dapat anda lakukan. 

Hindari aktivitas fisik yang berat

Selama pemulihan sangat disarankan anda istirahat dan tidur dengan cukup untuk memulihkan ttenaga anda. Sangat disarankan untuk tidak banyak mengangkat benda berat ataupun melakukan aktivitas fisik berat seperti bersepeda, berlari, aerobic, sit up dan olahraga berat lainnya setidaknya minimal 6 minggu. Anda dapat melakukan kembali aktivitas tersebut apabila sudah dinyatakan pulih oleh dokter anda. 

Hindari berhubungan intim selama beberapa waktu

Saat menjalani fase pemulihan pasca melahirkan dengan Caesar ada baiknya anda sedikit menunda berhubungan seksual selama beberapa minggu. Anda dapat melakukannya lagi setelah luka operasi sudah pulih dan kondisi anda sudah dinyatakan sehat oleh dokter. 

Usahakan untuk berjalan secara perlahan di sekitar kamar

Usai operasi Caesar anda akan merasakan sakit ketika berjalan, meskipun demikian usahakan untuk berjalan sedikit demi sedikit. Dengan begitu anda dapat melancarkan aliran darah serta mencegah sembelit dan pembekuan darah.

Rawat luka dan jahitan operasi Caesar dengan baik

Bersihkan luka setiap hari dengan air hangat dan sabun kemudian keringkan dengan handuk bersih dengan cara ditepuk secara perlahan. Agar tidak menimbulkan iritasi dan nyeri di bagian luka pilihkan sabun berbahan kimia lembut dan tanpa pewangi. Balutlah luka dengan kain kasa apabila luka basah atau yang bergeesekan dengan pakaian. Ganti kain kasa secara rutin setiap harinya agar luka anda selalu dalam keadaan bersih dan kering. 

Pastikan juga anda cukup meminum air putih dan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh anda mendapatkan asupan anergi dan nutrisi yang cukup dalam pemulihan dari melahirkan Caesar. Dnegan mengkonsumsi air putih dan makanan yang bergizi juga sangat penting dalam mendukung produksi ASI anda.

0 comments:

Post a Comment